Kamis, 23 Mei 2013

Ada Gadis Indonesia Ngantor di Google Lho!



Ada Gadis Indonesia Ngantor di Google Lho!

Jika beberapa waktu yang lalu beberapa media melansir tentang Google sebagai salah satu perusahaan yang memiliki gaji besar dan lingkungan kantor yang sangat nyaman, kini tahukah Anda bahwa ada seorang gadis cantik asal  Indonesia yang ngantor selama 7 tahun di Google?

Adalah Amanda Surya (Developer Relations Staff YouTube-Google) yang asli berdarah Indonesia. Amanda sudah sejak 7 tahun yang lalu berkantor di markas besar Google di Mountain View, California. Amanda Surya, yang kelahiran Jakarta ini, bahkan masih memegang paspor Indonesia walaupun telah menjalani setengah kehidupannya di Negeri Paman Sam.

Jabatannya menuntut Amanda untuk membantu di bidang promosi, memimpin tim yang bertanggung jawab untuk membangun dan menjaga hubungan dengan para developer partner yang mengembangkan berbagai aplikasi seputar teknologi Google untuk commerce. Saat ini Amanda tengah sibuk menangani developer relations untuk Google Wallet.
Amanda memulai kariernya di Google Mountain View sejak tahun 2007. Selepas menamatkan kuliahnya di Amerika Serikat, Amanda sempat bekerja sebagai software engineer di perusahaan besar sekelas AT&T dan Bank of America di negeri Paman Sam ini. Memilih karier sebagai software engineer bagi seorang wanita tentu patut diacungi jempol, apalagi keahliannya ini sampai dipercayai oleh perusahaan kelas dunia. Rupanya, sepak terjang Amanda terpantau juga oleh sang raksasa teknologi Google yang kemudian menghubunginya dan menawarkan sebuah posisi sebagai developer relations di tahun 2007. Pada awalnya, Amanda tidak begitu mengerti seperti apa tanggung jawab untuk posisi tersebut.
Amanda memulai petualangannya di Google pada tahun itu dan bahkan termasuk di dalam tim awal yang membentuk Divisi Developer Relation di Google hingga sesolid sekarang. Sebagai seorang developer relations, Amanda sehari-hari bekerja dengan para developer partner yang mayoritas adalah pria. Tentunya ini bukan sebuah tanggung jawab yang mudah dan sederhana buat seorang wanita muda, apalagi ia kini sudah berkeluarga dan memiliki dua putra berusia 7 dan 2 tahun. Amanda  mampu menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan rumah tangganya dengan baik sehingga Google mempercayainya untuk memegang berbagai produk, mulai dari Google Apps, Google App Engine, Google TV hingga YouTube, dan sekarang Google Wallet.
Amanda juga terlibat aktif dalam program Women Techmakers, di mana ia juga turut mempersiapkan sesi "7 Techmakers and a Microphone".
Amanda Surya adalah salah satu bukti nyata bahwa wanita Indonesia mampu bersaing dengan dunia pria, apalagi di tingkat internasional. Semoga menjadi inspirasi bagi wanita Indonesia untuk tetap optimis dan mengembangkan diri lebih optimal.

0 komentar:

Posting Komentar