Sabtu, 12 Januari 2013

tips memperbaiki handphone yang terkena air



Pasti diantara kita pernah mengalami kejadian HP mati karena terkena air, terus bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki apabila Handphone, Smartphone, Tablet dan sejenisnya terkena air? Tidak bisa dipungkiri air merupakan faktor perusak ponsel nomor satu dan paling memungkinkan untuk terjadi karena beberapa faktor kelalaian seperti tercebur bak mandi, kloset, terkena hujan, tercelup air laut dan lain-lain.
Parahnya lagi toko atau vendor pabrikan di jamin tidak akan menerima garansi kerusakan yang disebabkan oleh air!
ponsel terkena air
Dan apa tindakan kita apabila itu terjadi? Yang harus dilakukan adalah sebuah tindakan cepat untuk mengatasinya, apabila hp anda terkena air segera lakukan pertolongan pertama agar tidak terjadi kerusakan parah yang mengharuskan anda merogoh kocek dalam-dalam.
Ikuti beberapa langkah berikut ini:
  1. Hal pertama dan segera dilakukan adalah matikan Handphone.
  2. Segera cabut baterai dari tempatnya.
  3. Lepaskan semua komponen yang memungkinkan untuk dilepas seperti simcard, memori card, kasing dan lain-lain.
  4. Keringkan segera dengan lap atau tisue halus, bisa juga dengan hair dryer asal tidak terlalu dekat dan dibawah sinar matahari tidak disarankan karena bisa merusak layar.
  5. Komponen Handphone disusun dalam celah rongga kecil butuh waktu lama (1-2 hari) untuk memastikannya benar-benar kering, dibutuhkan kesabaran untuk mendapatkan hasil terbaik.
  6. Atau bisa menaruh handphone dalam kotak kedap udara yang berisi dengan butiran penyerap uap air (desiccant). jika tidak punya bisa diganti dengan beras. Diamkan selama 2 hari.
  7. Setelah melalui beberapa proses diatas dan dirasa sudah cukup coba hidupkan Handphone. ini adalah proses terakhir dan keberhasilan tergantung seberapa parah dan seberapa cepat hanphone dimatikan sesudah terkena air.
- Semua penjelasan dan tips diatas bisa di terapkan pada semua alat Elektronik.


*Warning !!!
Jangan sengaja mencelupkan Hp anda ke air ..OK.... :D

0 komentar:

Posting Komentar